PKRS dan Dokter Spesialis Saraf RSU Cut Meutia Kab. Aceh Utara 30 Maret 2022

        Kegiatan peringatan hari Epilepsi sedunia tahun 2022 di RSU Cut Meutia dengan mengadakan penyuluhan kepada pasien dan keluarga disampaikan oleh dr. Basli Muhammad, Sp.S, dr. Herlina Sari, Sp.S, dr. Intan Sahara Zein, Sp.S, dan dr. Ichwanuddin, Sp.S sebagai nara sumber. Kegiatan tersebut bertemakan " How To Help Your Lived One With Epilepsy " 

        Epilepsi adalah gangguan pada sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik yang berlebihan di otak. Hal ini menyebabkan penderitanya mengalami kejang secara berulang pada sebagian atau seluruh tubuh. Seseorang dinyatakan menderita epilepsi jika pernah mengalami kejang lebih dari satu kali tanpa penyebab yang jelas. Epilepsi dapat diderita oleh semua kelompok usia, tetapi biasanya epilepsi dimulai saat masih anak - anak.

        Kejang merupakan gejala utama epilepsi. Kejang pada penderita epilepsi terbagi menjadi dua tipe yaitu kejang total dan kejang parsial. Oleh karena itu, gejala yang menyertai kejang dapat bervariasi sesuai tipenya. Penyebab epilepsi belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa kondisi yang diduga dapat memengaruhi pola aktivitas listrik otak, yaitu Cedera kepala, Meningitis dan Cerebral palsy. Selain itu ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terserang epilepsi yaitu : 1. Riwayat epilepsi pada keluarga. 2. Stroke. 3. Demensia.

 

 


BERITA LAINNYA


Lokasi RSU Cut Meutia Aceh Utara