info@rscutmeutia.com (0645) 123456

Sejarah Rumah Sakit

Rumah sakit umum Cut Meutia telah ada sejak awal proklamasi kemerdekaan R.I yaitu merupakan normalisasi dari ex. Rumah sakit perkebunan milik belanda pada zaman penjajahan dan dialihkan menjadi rumah sakit milik pemerintah RI.

Keadaan bangunan prasarana fisik rumah sakit umum Cut Meutia sebelum repelita masih sangat sederhana, yaitu berupa gedung-gedung peninggalan belanda. Bangunan tambahan yang dibangun tahun 1961 dan 1963 dengan kapasitas berjumlah 40 (empat puluh) tempat tidur.

Semenjak repelita I sampai dengan repelita IV dengan dana APBD dan bantuan pihak ketiga, fasilitas prasarana fisik telah dikembangkan dengan membangun gedung tambahan serta mengganti gedung-gedung yang telah sangat tua serta tidak sesuai lagi dengan kebutuhan.

Berdasarkan keputusan gubernur kepada daerah istimewa aceh, di tetapkan di banda aceh tanggal 28 Desember 1983 Nomor : 593/793/1983 “Tentang Pemberian Izin Penggunaan Base Camp P.N Pertamina Di Buket Rata Kepada Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Aceh Utara Untuk Pembangunan Rumah Sakit Umum Dan Prasarana Kesehatan Lainnya Dengan Luas Lahan +113. 808 m² (Seratus Tiga Belas Ribu Delapan Ratus Delapan Meter Persegi)” Yang terletak di buket rata, Kecamatan Blang Mangat Kabupaten Daerah Tingkat II Aceh Utara yang berbatas sebagai berikut :

  • Sebelah Utara Dengan Jalan Negara Banda Aceh – Medan.
  • Sebelah Selatan Berbatasan Dengan Kompi AURI.
  • Sebelah Barat Berbatasan Dengan AKKES Pemerintah Daerah Kab. Aceh Utara.
  • Sebelah Timur Berbatasan Dengan Kampus Politeknik Lhokseumawe.

Setelah ditingkatkan klasifikasinyadengan Keputusan Menteri Kesehatan R.I Nomor : 303/Menkes/SK/IV/1978 tanggal 30 April 1987 tentang peningkatan kelas rumah sakit umum aceh utara daerah kelas D menjadi rumah sakit umum pemerintah kelas C, yang mengharuskan adanya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dari yang bersifat umum menjadi pelayanan kesehatan dengan paling sedikit 4 (empat) cabangspesialisasi. Keputusan tersebut mengacu kepada keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor ; 134/SK/IV/1978 tanggal 28 April 1978 tentang susunan organisasi dan tata kerja rumah sakit umum.

Pada tahun 1998 pembangunan rumah sakit umum cut meutia acehutara yang barudimulai dengan dana bantuan ADB III dan pada tahun 2001 dilakukan peresmiannya yang dilakukan oleh perwakilan ADB IIIserta pemerintahan daerahkabupaten aceh utara,sejak saat itu kegiatan rumah sakit umum daerah cut meutia di buket rata dioperasionalkan.

Secara bertahap dimulai dengan kegiatan rawat jalan. Pada tahun 2002 operasional rumah sakit buket rata baru berjalan secara penuh dengan kapasitas tempat tidur 135 TT, serta terjadi penambahan tempat tidur pada setiap tahunnya.

Tahun 2011 rumah sakit umum cut meutia ditingkatkan klasifikasinya menjadi Tipe B dengan Keputusan Menteri Kesehatan R.I Nomor : HK.03.05/I/2166/11, Jakarta tanggal 22 Agustus 2011, “Tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Dan Peraturan Menteri Kesehatan R.I Nomor : 340/ Menkes/Per/III/2010, Tentang Klasifikasi Rumah Sakit”